Pada hari Senin, 20 Oktober 2025, telah dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) program-program unggulan pendidikan Pemerintah Provinsi Lampung Tahun 2025 di SLBN PKK Provinsi Lampung. Acara ini dimulai pada pukul 11.30 WIB. Kegiatan monev dipimpin oleh Pengawas SLB, Bapak Miftahul Aziz, S.Pd., M.M., M.T.

Monitoring Komprehensif dan Supervisi Kelas

Dalam kunjungan kerja ini, Bapak Pengawas melaksanakan monitoring secara komprehensif, mencakup beberapa aspek krusial:

  1. Administrasi Pembelajaran: Pemeriksaan kelengkapan dan kesesuaian administrasi guru.
  2. Hari Belajar Guru: Evaluasi pelaksanaan program pengembangan keprofesian berkelanjutan.
  3. Program Gerakan Literasi dan Numerasi: Pemantauan implementasi program untuk meningkatkan kemampuan dasar siswa.
  4. Penggunaan Bahasa Daerah dan Bahasa Inggris: Pengamatan integrasi bahasa dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, Bapak Miftahul Aziz juga melakukan supervisi kelas untuk melihat dan mengamati secara langsung situasi dan kondisi pembelajaran di dalam kelas, memastikan program berjalan efektif.

Bincang-Bincang Growth Mindset dan Pembelajaran Mendalam

Setelah sesi monitoring, acara dilanjutkan dengan sesi pembekalan materi dan diskusi interaktif. Bapak Pengawas membawakan topik kunci seputar Growth Mindset (Pola Pikir Bertumbuh).
Beliau menyampaikan bahwa Growth Mindset adalah fondasi yang vital untuk membuka pola pikir seluruh guru dan tenaga kependidikan (tendik), sehingga mereka termotivasi untuk berkembang dan bertumbuh dalam karier profesionalnya.

Dalam paparannya, Bapak Miftahul Aziz menjelaskan korelasi mendalam antara pola pikir dan proses belajar:

  • Akar Pembelajaran Mendalam: Pembelajaran mendalam (deep learning) berawal dari Growth Mindset. Pola pikir ini merangsang kerja otak yang efektif, memungkinkan kegiatan seperti Mathematic Mindset.
  • Transisi Pola Pikir: Diskusi mengalir dari Surface Learning (pembelajaran permukaan) menuju Growth Mindset, yang pada akhirnya berujung pada Pembelajaran Mendalam.
  • Peta Pikiran Efektif: Setelah memahami esensi dari Growth Mindset, pendidik disarankan untuk dapat mengimprovisasi peta pikiran kerangka kerja pembelajaran mendalam agar implementasi di kelas lebih efektif.
  • Mengatasi Hambatan: Growth Mindset sangat dibutuhkan karena memiliki kemampuan untuk menghilangkan rasa takut dalam menghadapi hambatan dan kesulitan, menjadikannya kunci untuk inovasi berkelanjutan.

Diharapkan, melalui kegiatan Monev dan pembekalan ini, semangat perubahan dan inovasi di SLBN PKK Provinsi Lampung semakin kuat, menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih unggul.